Tanggapan Bu Risma tentang tidak hadir saat bagi bagi bansos

Isu bantuan sosial (bansos) telah menjadi topik hangat dalam beberapa waktu terakhir, terutama dengan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terlibat langsung dalam pembagian bansos. Namun, kehadiran Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dalam agenda tersebut sempat dipertanyakan.

Risma memberikan tanggapannya terkait pertanyaan mengenai keberadaannya yang jarang terlihat mendampingi Jokowi dalam pembagian bansos dengan singkat, “Alah uwes nggak usah, nggak usah. Saya nggak komentar.” Dikutip pada Detik (19/03)

Program bansos menjadi sorotan menjelang Pemilu 2024, terutama karena adanya dugaan politisasi bansos yang dilakukan oleh Jokowi dan beberapa menteri yang mendukung calon presiden nomor urut 2. Jokowi juga semakin aktif turun langsung dalam pembagian bansos, baik berupa bantuan langsung tunai (BLT) maupun bahan pangan.

Meskipun Risma tidak terlihat dalam pembagian bansos yang dilakukan Jokowi, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa pembahasan dan penyaluran bansos melibatkan Kementerian Sosial (Kemensos), yang dipimpin oleh Risma. Menurutnya, Risma ikut terlibat dalam pembahasan anggaran dan penyaluran bansos.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, juga menyatakan bahwa kehadiran Risma tidak terkait dengan alasan partai politik, melainkan karena peran lainnya dalam mengawasi cadangan pangan melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Badan Pangan.

Dengan demikian, meskipun Risma tidak terlihat secara langsung dalam pembagian bansos yang dilakukan oleh Jokowi, ia masih terlibat dalam pembahasan anggaran dan penyaluran bansos melalui Kementerian Sosial.