Lancar!! Ini Kata Menko PMK Terkait Arus Balik Lebaran

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut memantau arus balik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek pada malam Minggu (14/4/2024). Dalam kunjungannya di Command Center Km 29 Tol Jakarta-Cikampek, Muhadjir menyatakan bahwa arus balik Lebaran tahun ini terkendali dengan baik. dikutip dari Detik (15/04)

Muhadjir menyebut bahwa kepadatan lalu lintas berhasil diatasi melalui beberapa rekayasa lalu lintas, termasuk penerapan contraflow dan pengaturan pintu keluar masuk rest area. Langkah-langkah ini membantu mengurai kepadatan lalu lintas sehingga arus balik berjalan lancar.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan, Muhadjir juga menyebut bahwa Tol Japek II Selatan dibuka sebagai alternatif untuk menghindari kepadatan di jalur utama. Meskipun jalur tersebut belum dilengkapi dengan lampu, pengendara akan dikawal oleh petugas Polantas untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Muhadjir mengantisipasi kemungkinan kepadatan pada hari Senin (15/4), namun dia menegaskan bahwa kepadatan tersebut tidak akan menyebabkan kemacetan serius. Dia juga menyebut bahwa puncak arus balik masih dapat terjadi hingga Senin, namun berdasarkan data berkala, kemungkinan peningkatan kepadatan tidak akan ekstrem.

Dengan analisis frekuensi arus lalu lintas yang relatif stabil setiap harinya, Muhadjir menyimpulkan bahwa penanganan situasi arus balik Lebaran ini tidak terlalu berisiko. Dia berharap target penanganan arus balik dapat tercapai dengan baik tanpa terjadi kemacetan yang signifikan.